Kamis, 03 November 2011

Tips memilih dan cara menggunakan GPS :


Setelah tahu apa saja yang dirasakan jika memiliki global positioning system (GPS), kini anda harus ,mempertimbangkan untuk membeli atau tidak satu unit pengintip posisi itu. Hal - hal yang perlu dicatat, meski saat ini sedang muncul trend menanamkan GPS di ponsel, Anda wajib memperhatikan manfaatnya daripada mengikuti trendnya.
Berikut ini hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum membawa pulang peranti GPS Survey:
-          Merek:
GPS Supplies atau penjual tidak akan memaksa Anda untuk membeli GPS Garmin, Magellan, ataupun Thales. Tetapi mereka hanya akan bertanya terlebih dahulu kepada pembeli apa tujuan anda membeli GPS ?

-          Jadi, apakah tujuan anda membeli GPS itu? Dan anda Jangan sampai lupa,bahwa  GPS memiliki perangkat - perangkatnya masing-masing, yaitu, darat, laut, udara, dan tracking dan Survey Equipment Supplies.

-          Harga:
Harga memang Jelas penting. Jika mempunyai uang yang lebih, anda bisa membeli GPS apa pun yang anda ingin. Jika tidak, cari yang benar – benar tepat perangkatnya bagi anda dan khususnya isi kantong anda.
-          Jika anda membutuhkan GPS untuk pemetaan perjalanan darat. Anda harus menentukan, GPS itu akan Anda gunakan di mobil, sepeda motor, atau sepeda? Setiap GPS untuk setiap jenis kendaraan itu memiliki karakternya masing-masing dan berbeda - beda.

-           Untuk mobil, pilih yang memiliki layar lebar. Tujuannya agar nyaman dan jelas untuk dilihat. Tinggal meletakkannya di dashboard saja, dan siap menjadi pemandu Anda. Lihat Survey Supplies dan Equipment Survey.

-          Jika kaca mobil Anda berbahan dasar metal, sebaiknya Anda melengkapi perangkat ini dengan antena luar. Soalnya, sinyal GPS tidak bisa menembus kaca film yang berbahan dasar logam.

-          Untuk sepeda ataupun sepeda motor, pilih gps yang anti-air. Karena , pasti anda sudah tahu sendiri bahwa musuh utama kendaraan roda dua tersebut adalah hujan. Yang anda harus lakukan hanyalah “Tinggal kencangkan pengunci baterai agar air tidak tembus ke dalam, dan pasangkan di kendaraan anda”.

-          Pastikan ada peta Indonesia dalam GPS Anda.

-          Setel GPS sebelum kendaraan anda berjalan. Karena akan berbahaya bila anda melakukan keduanya pada saat yang bersamaan. Klik GPS Survey Equipment dan Survey Equipment Supplies.

-          Lebih baik simpanlah alat GPS anda saat kendaraan anda sedang parkir di tempat umum untuk menghindari hal – hal pencurian atau hal – hal lain yang tidak diinginkan.

-          Jika anda adalah orang yang suka menjelajahi daerah baru, pilihlah GPS yang memiliki fitur track log.

-          Sebelum membeli GPS, bandingkan harga dan bonus-bonus yang diberikan oleh penyedia GPS. Dengan harga sama, biasanya penjual memberikan bonus berupa memory card dengan kapasitas yang berbeda.

-          Jangan lupa, memastikan berapa besar memori yang dapat diisi dengan peta baru. Catat, peta terus berkembang dan membutuhkan kapasitas memori yang lebih besar.

-          Kebutuhan peta kadang datang tak terduga. Peta Indonesia besarnya 40 MB. Untuk itu, sebaiknya anda mencari GPS yang memiliki slot untuk ekspansi memori (GPS Equipment).

-          Untuk kebutuhan Survey Equipment, pastikan menggunakan GPS (GPS Survey Equipment) yang memang cocok untuk keperluan tersebut. Kebutuhan yang sangat membutuhkan akurasi tinggi ini tidak akan terpenuhi oleh ponsel ber-GPS.

-          Cari gps yang kuat dan kokoh, tahan banting, dan yang ada lapisan karetnya.

-          Ketika membeli GPS Equipment, sebaiknya pilih yang memiliki peta dasar Pasifik. Karena  Di sana tertera wilayah Indonesia. Sebaiknya Anda memperhatikan hal ini, apa lagi  bila anda membeli GPS dari luar negeri.

-          Lihat dan chek masa garansi gps tersebut. Dan biasanya penjual memberikan garansi hingga setahun.

-          Bluetooth GPS:
Kalau Anda ingin mencoba – coba dulu dengan PDA plus bluetooth GPS sebelum beli yang 100% GPS, tidak masalah, karena hasilnya cukup memuaskan. Kendati GPS PDA tak sesempurna GPS sungguhan.

-          Terus mengikuti perkembangan peta. Jangan ragu untuk bergabung dengan teman-teman di komunitas NavNet untuk lebih mendalami tentang GPS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar